MEMBEDAH COCOKLOGY KRISTEN MENGENAI YESAYA PASAL 9:5-6

MEMBEDAHCOCOKLOGY KRISTEN DALAM KITAB YESAYAHU 9:5-6

Perhatikandan pahami tek beserta terjemahan berikut yang saya ambil dari kitab Tanakh dan silahkan bandingkan dengan terjemahan kristen

ה  כִּי-יֶלֶד יֻלַּד-לָנוּ, בֵּן נִתַּן-לָנוּ, וַתְּהִי הַמִּשְׂרָה,עַל-שִׁכְמוֹ; וַיִּקְרָא שְׁמוֹ פֶּלֶא יוֹעֵץ,אֵל גִּבּוֹר, אֲבִי-עַד, שַׂר-שָׁלוֹם.
5 For a child is born unto us, a son is given untous; and the government is upon his shoulder; and his name is calledPele-joez-el-gibbor-Abi-ad-sar-shalom;
[Seorang anak dilahirkan untuk kita, seorang anak diberikan kepada kita, dan pemerintahan berada di bahunya, dan namanya disebut
Pele-joez-el-gibbor-Abi-ad-sar-shalom;

ו  לם רבה (לְמַרְבֵּה)הַמִּשְׂרָה וּלְשָׁלוֹם אֵין-קֵץ, עַל-כִּסֵּא דָוִד וְעַל-מַמְלַכְתּוֹ, לְהָכִין אֹתָהּ וּלְסַעֲדָהּ, בְּמִשְׁפָּטוּבִצְדָקָה; מֵעַתָּה, וְעַד-עוֹלָם, קִנְאַתיְהוָה צְבָאוֹת, תַּעֲשֶׂה-זֹּאת.  {פ}
6 That the government may be increased, and of peacethere be no end, upon the throne of David, and upon his kingdom, to establishit, and to uphold it through justice and through righteousness from hencefortheven for ever. The zeal of the LORD of hosts doth perform this. {P}

DAN BANDINGKAN DALAM ALKITAB KRISTEN NOMOR AYAT,TERJEMAHAN DLL, BERUBAH

6  (i_TB) Sebab seorang anak telahlahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambangpemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: PenasihatAjaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

6  (AV) For unto us a child isborn, unto us a son is given: and the government shall be upon his shoulder:and his name shall be called Wonderful, Counsellor, The mighty God, Theeverlasting Father, The Prince of Peace.

7  (i_TB) Besar kekuasaannya, dandamai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalamkerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dankebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alamakan melakukan hal ini.


ANALYSIS:

Kristen memahami ayat yesaya di pasal 9 di atas ditujukan untuk yesus yangdatang kedunia sebagai seorang anak, namun mari kita kritisi apa betul sepertiitu? Mari kita analisa poin per poin

KAPAN YESUS MENJALANKAN SEBUAH PEMERINTAHAN
Ketika yesus di sebut penasihat ajaib atau Tuhan yang perkasa atau bapayang abadi atau pangeran perdamaian?? Apa benar demikian??
.
Kristen memang di kenal gemar suka menyimpangkan scripture kitab kamiuntuk pembenaran iman mereka, mereka tak memahami adat istiadat, nama2, peraturan tatabahasa dalambahasa ibrani. Dll, kalopun tau pasti membelokannya

Pertama mari kita pahami tentang nama2, dalam kebanyakan bahasa, namabiasanya memiliki arti, nama Anthony artinya TAK TERNILAI,  dan Alexander artinya PELINDUNG, jika namaitu kita pakai untuk nama seorang anak, maka akan menjadi Anthony Alexander,namun apakah artinya ini kita sedang mengatakan “ TAK TERNILAI PELINDUNG”?? akankahkita berteriak kepada orang2 untuk memanggil nama anak itu “ HEY..! TAK TERNILAIPELINDUNG… APA KABAR??” tentu saja tidak
Nama2 dalam bahasa ibrani terkadang mengatakan sesuatu tentang Tuhan,nama Michael artinya “ yang seperti Tuhan”, Elihu artinya “ Dialah Tuhan/ DiaTuhanku, Immanuel artinya Tuhan bersama kita dll, seandainya seorang manusia dipanggil Elihu, akankah orang yang di panggil Elihu itu berarti di seorang Tuhan??Tentu saja tidak, sehingga terjemahan yang benar dari ayat itu adalah
…. Dan namanya akandisebut, penasihat ajaib adalah Tuhan yang maha kuasa, bapa yang abadi adalahTuhan penguasa perdamaian
'
Sehingga di ayat itu mempunyai dua nama ibrani yang disematkan kepadamahluk manusia bukan kepada seorang mahluk yg mempunya sifat ketuhanan,meskipun nama2 itu sekali lg mengandung pernyataan tentang Tuhan, seperticontoh Anthony Alexander di atas akan menjadi “'Pele Yoetz El Gibor Avi Ad SarShalom.' Namun cara penulisan dalam bahasa ibrani akan diberikan tanda pemisahseperti ini : 'Pele-Yoetz-El-Gibor' and 'Avi-Ad-Sar-Shalom.' Memang namapanjang seperti ini tidak lazim dalam kitab Tanakh, contoh lain nama panjangyang tak lazim bisa di liat pada yesaya 8:3:

ג  וָאֶקְרַב, אֶל-הַנְּבִיאָה, וַתַּהַר,וַתֵּלֶד בֵּן;  {ס}  וַיֹּאמֶר יְהוָה, אֵלַי, קְרָאשְׁמוֹ, מַהֵר שָׁלָל חָשׁבַּז.
3 And I went unto the prophetess; and she conceived,and bore a son. {S} Then said the LORD unto me: 'Call his nameMaher-shalal-hash-baz.

Pada ayat ini tertulis nama 'Maher-shalal-chash-baz,' yang berarti'the spoil speeds, the prey hastens.' (kecepatan merampas, mempercepat mangsa)

Tetapi mari kita asumsikan saja 4 nama (1. 'Pele-Yoetz,2. El-Gibor',3. 'Avi-Ad,4. Sar-Shalom.') itu disematkan untuk yesus, alangkah dahsyatnya hehehe, marianalisa:

PENASIHAT AJAIB (PELE-YOETZ פֶּלֶאיוֹעֵץ)


Dalam kitab PB kita menemukan dua kisah tentang yesus yang tentunyatidak mengambarkan seorang penasihat ajaib sama sekali :
21  (i_TB) Seorang lain, yaitusalah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: "Tuhan, izinkanlah aku pergidahulu menguburkan ayahku."

22  (i_TB) Tetapi Yesus berkatakepadanya: "Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkanorang-orang mati mereka."

Tentu bagi yang puna otak waras kita berpikir, yesus ini penasihat ajaibmaca mana, kok menyuruh orang jangan menengok dan menguburkan seorang ayah,seseorang yang amat di cintai dalam hidup untuk momen perpisahan terakhir???

22  (i_TB) Ketika Ia mengatakanhal itu, seorang penjaga yang berdiri di situ, menampar muka-Nya sambilberkata: "Begitukah jawab-Mu kepada Imam Besar?"

(i_TB) Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku itu salah,tunjukkanlah salahnya, tetapi jikalau kata-Ku itu benar, mengapakah engkaumenampar
Semua orang sudah hapal dengan ucapan yesus di matius 5:39 [[39  (i_TB) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlahkamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yangmenampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.]] bila ayat inidihubungkan dengan ayat yohanes 18 di atas ternyata yesus tidak memberikan pipiyang satunya lagi kepada yang menampar, malahan menolaknya, bukankah ininamanya yesus seorang munafik, lalu bagaimana seorang munafik bisa di panggilPENASIHAT AJAIB ??

EL GIBOR [ TUHAN PERKASA אֵלגִּבּוֹר ]

46  (i_TB) Kira-kira jam tigaberserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?"Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

46  (AV) And about the ninth hourJesus cried with a loud voice, saying, Eli, Eli, lama sabachthani? that is tosay, My God, my God, why hast thou forsaken me?

Jika Yesus seorang Tuhan yang perkasa, mengapa yesus memanggil Tuhanlain, bagaimana Tuhan bisa meninggalkan Dirinya?? Ayat ini juga menolak adanya unsurpaham trinitas, dan tentu saja yesaya 9 ini tdak cocok untuk deskripsi seorangyesus

16 ¶  (i_TB) Ada seorang datangkepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang haruskuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
17  (i_TB) Jawab Yesus:"Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? HanyaSatu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilahsegala perintah Allah."

Dalam ayat di atas yesus membedakan dirinya dengan Tuhan, jadi bagaimanmungkin di seorang Tuhan perkasa, jika yesus telah membedakan dirinya denganTuhan?? Jika Yesus sudah tau bahwa hanya Tuhan yang baik, dan yesus tidak maudisebut baik, karena yesus sudah tau bahwa dirinya bukan Tuhan

BAPA YANG KEKAL [אֲבִי-עַד ABI AD]

Dalam paham trinitas, jesus adalah anak Tuhan, bukan bapa, dia tidakbisa menjadi keduanya dalam waktu yang bersamaan, pada faktanya yesus telahmenunjukan bahwa dia bukan bapa, dan telah menyatakan tidak memiliki kehendak/pengetahuanyang sama

39  (i_TB) Maka Ia maju sedikit,lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin,biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki,melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

32  (i_TB) Tetapi tentang hariatau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, danAnakpun tidak, hanya Bapa saja."
Yesus dalam ayat ini pun tidak tau kiamat, membuktikan bahwa ia bukanTuhan, dan membuktikan yesus tidak punya pengetahuan yang sama dengan bapa, dll

PANGERAN DAMAI [שַׂר-שָׁלוֹם]

Pertama-tama marilah bagaimana Kristen memplesetkan kata2/ayat2 dalamkitab tanakh, dalam aslinya tertulis SAR [penguasa/ruler] SHALOM [damai,selamat] tapi Kristen mnterjemahkan SAR menjadi PRINCE [pangeran], why?? Tidak lainkarena kata PANGERAN yg ditulis oleh pengedit Kristen ingin menggiring pembacaseolah2 ayat itu membicarakan ANAK SEORANG RAJA, yakni yesus sebagai anak Tuhansang raja, kata pangeran dalam bahasa ibrani adalah NASEE bukan SAR


Dalam kitab PB kita banyak menjumpai ucapan yesus yang menujukan bahwayesus sendiri bukan penguasa/pangeran damai:

34  (i_TB) "Jangan kamumenyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukanuntuk membawa damai, melainkan pedang.

27  (i_TB) Akan tetapi semuaseteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari danbunuhlah mereka di depan mataku."
How could anyone who said such a thing be considered a prince or rulerof peace? How could anyone who said such a thing have been the Messiah? We knowthat the true Messiah will bring an everlasting peace and, along

Dengat ayat-ayat diatas sudah cukup membuktikan yesus bukan SAR SHALOM,dan tidak memenuhi deskripsi yesaya 9:5-6

Dan perlu dicatat Kristen sangat jarang mengutip ayat 7 ketika merekamengutip yesaya pasal 9, kenapa? Karena dalam yesaya 9:7 tertulis “… dalampemerintahannya akan membawa perdamaian yg tiada akhir” makanya Kristen jarangmengutip ayat 7 karena faktanya yesus tidak pernah membawa perdamaian kepadadunia, dan tidak juga membawa niat perdamaian sesuai Mat 10:34-36 di atas tadi

Lalu bagaimana menurut kami yahudi mengenai interpretasi Yesaya 9;5-6,dan ditujukan untuk siapa??


Menurut YUdaism ayat yesaya ini ditujukan untuk seorang nama yangterpilih yakni HEZEKIAH seorang penguasa, raja yang adil dan pembawa kedamaian,dalam bahasa ibrani tertulis CHIZKIYAH, yang berasal dari akar kata CHAZAK danYA, Chazak artinya kuat/perkasa, dan YA adalh nama pendek dari TUhan, Hezekiah/CHIZKIYAH/ a mighty God beliau berkuasa kurang lebih selama 30 Tahun……….

Untuk mengetahui HEZEKIAH silahkan anda cari sendiri, Alhamdulillah beres juga saya ngetik walapun pegaljuga ini tangan



http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt1009.htm
http://www.chabad.org/library/article_cdo/aid/464023/jewish/King-Hezekiah.htm
http://www.jewishvirtuallibrary.org/jsource/biography/Hezekiah.html
http://www.jewishencyclopedia.com/articles/7668-hezekiah
http://www.whatjewsbelieve.org/prooftext6is96.html

Comments

  1. Ada suatu istilah dalam kekristenan yang disebut "typology". Jadi Hezekiah ini adalah typology dari Yesus seperti halnya Melkisedek.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AYAT-AYAT PALSU ALKITAB YANG TERUNGKAP

SURGA MILIK KRISTEN MENURUT ALKITAB

AYAT - AYAT PALSU KITAB YOHANNES