QURBAN MENURUT BIBLE
YANG QURBANKAN MENURUT KITAB TANAKH YAHUDI SEBENARNYA ISMAIL ATAU ISHAQ?? LANGSUNG SAJA KE POKOK PERMASALAHAN, PERHATIKAN AYAT INI !!!
Firman-Nya: ”Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” Kejadian 22: 2
Firman-Nya: ”Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” Kejadian 22: 2
Manakah yang benar? IIsmail atau Ishak Mari kita analisa bersama.
1. SIAPAKAH ANAK TUNGGAL ABRAHAM?
GENESIS 22:2
וַיֹּאמֶר קַח-נָא אֶת-בִּנְךָ אֶת-יְחִידְךָ אֲשֶׁר-אָהַבְתָּ,
אֶת-יִצְחָק, וְלֶךְ-לְךָ, אֶל-אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה; וְהַעֲלֵהוּ שָׁם,
לְעֹלָה, עַל אַחַד הֶהָרִים, אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ.
And He said: 'Take now thy son, thine only son, whom thou lovest, even
Isaac, and get thee into the land of Moriah; and offer him there for a
burnt-offering upon one of the mountains which I will tell thee of.'
Firman-Nya: ”Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak….” Kejadian 22:2
Benarkah anak tunggal itu bernama Ishak?.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan, bahwa anak tunggal itu
adalah anak satu satunya, dengan kata lain cuma ada satu anak saat itu;
siapakah yang lahir duluan? Ismail dari Hagar atau Ishak yang lahir dari
Sara?
GENESIS 16:16
וְאַבְרָם, בֶּן-שְׁמֹנִים שָׁנָה וְשֵׁשׁ שָׁנִים, בְּלֶדֶת-הָגָר אֶת-יִשְׁמָעֵאל, לְאַבְרָם. {ס}
Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.
GENESIS 21:5
וְאַבְרָהָם, בֶּן-מְאַת שָׁנָה, בְּהִוָּלֶד לוֹ, אֵת יִצְחָק בְּנוֹ.
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.
Dari kedua ayat ini dapat kita ketahui
bahwa Ismail dilahirkan saat Abraham berusia 86 tahun, sedangkan Ishak
baru lahir saat Abraham berusia 100 tahun, artinya Ismail 14 tahun lebih
dulu lahir ketimbang Ishak. Jadi yang dimaksud dengan anak tunggal
dalam ayat itu adalah Ismail bukan Ishak dan sudah bisa ditebak bahwa
kalimat “Yakni Ishak” dalam ayat tersebut adalah sisipan tangan tangan
jahil karena hal tersebut bertantangan dengan Kejadian 16 : 16 dan
Kejadian 21 : 5
Berikut ini adalah 2 (dua) argumen yang seing gunakan umat kristen untuk mengkonter Ayat diatas
1. yang dimaksud anak tunggal itu adalah ishak, karna ia adalah anak yang dijanjikan oleh Allah”
1. yang dimaksud anak tunggal itu adalah ishak, karna ia adalah anak yang dijanjikan oleh Allah”
Nah justeru alasan ini aneh dan tak berdasar, bukankah Bible adalah
kitab suci yang berasal dari Tuhan, jika demikian bukankah Tuhan itu
ahli bahasa, lantas menapa jika yang maksud adalah anak yang dijanjikan,
tetapi Kejadian 22:12 yang disebut anak tunggal? kenapa tidak diganti
“anak yang dijanjikan?” apakah tuhan tidak konsekwen?
2. “Yang dimaksud keturunan Abraham adalah ishak bukan ismail sebagaimana bunyi Kejadian 21:12
Tetapi Allah berfirman kepada Abraham:
“Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala
yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab
yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
Kitab Kejadian 21:12 diawali oleh rasa kekhawatiran Sara tentang hak waris, Sara tidak menginginkan Ismail menjadi ahli waris
Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah
hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan
menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”Kejadian 21:10
Sangat tidak tepat jika menggunakan Kitab
kejadian 21:12 sebagai landasan untuk mengatakan bahwa Ismail bukan
anak Abaraham, karena bertaburan ayat yang menyatakan bahwa Ismail juga
anak Abaraham seperti :
Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael. (Kejadian16:15)
Setelah itu Abraham memanggil Ismael, anaknya, dan semua orang yang
lahir di rumahnya, juga semua orang yang dibelinya dengan uang, yakni
setiap laki-laki dari isi rumahnya, lalu ia mengerat kulit khatan mereka
pada hari itu juga, seperti yang telah difirmankan Allah kepadanya.
Abraham berumur sembilan puluh sembilan tahun ketika dikerat kulit
khatannya. Dan Ismael, anaknya, berumur tiga belas tahun ketika dikerat
kulit khatannya. Pada hari itu juga Abraham dan Ismael, anaknya,
disunat. (Kejadian 17 :23-27)
Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael,
menguburkan dia dalam gua Makhpela, di padang Efron bin Zohar, orang Het
itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre, (Kejadian 25:9)
Hak Ismail Dua Kali Lipat Dari Ishak
Tindakan Sara mengusir Ismail dan Ibunya
Hagar demi harta waris sangatlah tidak tepat, karna menurut Taurat
sesungguhnya Ismail juga berhak menerima harta waris bahkan dua kali
lipat dari Ishak, sebagaimana bunyi Ulangan 21: 15-17
maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung.
כִּי אֶת-הַבְּכֹר בֶּן-הַשְּׂנוּאָה יַכִּיר, לָתֶת לוֹ פִּי שְׁנַיִם, בְּכֹל אֲשֶׁר-יִמָּצֵא, לוֹ: כִּי-הוּא רֵאשִׁית אֹנוֹ, לוֹ מִשְׁפַּט הַבְּכֹרָה.
כִּי-תִהְיֶיןָ לְאִישׁ שְׁתֵּי נָשִׁים, הָאַחַת אֲהוּבָה וְהָאַחַת שְׂנוּאָה, וְיָלְדוּ-לוֹ בָנִים, הָאֲהוּבָה וְהַשְּׂנוּאָה; וְהָיָה הַבֵּן הַבְּכֹר, לַשְּׂנִיאָה. | |
"Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,
| |
וְהָיָה, בְּיוֹם הַנְחִילוֹ אֶת-בָּנָיו, אֵת אֲשֶׁר-יִהְיֶה, לוֹ--לֹא יוּכַל, לְבַכֵּר אֶת-בֶּן-הָאֲהוּבָה, עַל-פְּנֵי בֶן-הַשְּׂנוּאָה, הַבְּכֹר |
כִּי אֶת-הַבְּכֹר בֶּן-הַשְּׂנוּאָה יַכִּיר, לָתֶת לוֹ פִּי שְׁנַיִם, בְּכֹל אֲשֶׁר-יִמָּצֵא, לוֹ: כִּי-הוּא רֵאשִׁית אֹנוֹ, לוֹ מִשְׁפַּט הַבְּכֹרָה.
Tetapi ia harus mengakui anak yang sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, dengan memberikan kepadanya dua bagian dari segala kepunyaannya, sebab dialah kegagahannya yang pertama-tama: dialah yang empunya hak kesulungan."
“Misalkan seorang punya dua istri, dan keduanya melahirkan anak laki-laki, tetapi anak yang lahir lebih dahulu bukan anak dari istri kesayangannya. Kalau orang itu mau menentukan bagaimana ia akan membagi kekayaannya kepada anak-anaknya, ia tak boleh memihak pada anak dari istri kesayangannya dengan memberi kepada anak itu bagian yang menjadi hak anak sulung. Ia harus memberi bagian dua kali lipat dari harta bendanya kepada anak laki-laki yang sulung, walaupun anak itu bukan anak dari istri kesayangannya. Hak anak sulung harus diakui oleh ayahnya, dan kepada anak itu harus diberi warisan yang menjadi haknya menurut hukum.“Ulangan 21: 15-17
“Misalkan seorang punya dua istri, dan keduanya melahirkan anak laki-laki, tetapi anak yang lahir lebih dahulu bukan anak dari istri kesayangannya. Kalau orang itu mau menentukan bagaimana ia akan membagi kekayaannya kepada anak-anaknya, ia tak boleh memihak pada anak dari istri kesayangannya dengan memberi kepada anak itu bagian yang menjadi hak anak sulung. Ia harus memberi bagian dua kali lipat dari harta bendanya kepada anak laki-laki yang sulung, walaupun anak itu bukan anak dari istri kesayangannya. Hak anak sulung harus diakui oleh ayahnya, dan kepada anak itu harus diberi warisan yang menjadi haknya menurut hukum.“Ulangan 21: 15-17
2. ANAK SULUNGLAH YANG HARUS DI JADIKAN QORBAN
Disetiap ada perintah untuk berkurban,
maka yang harus dipilih adalah anak yang sulung atau anak yang terlahir
lebih dahulu, sebagaimana dapat kita temui dalam beberapa kisah dibawah
ini berdasar kitab tanakh:
וְכָל-פֶּטֶר חֲמֹר תִּפְדֶּה בְשֶׂה, וְאִם-לֹא תִפְדֶּה וַעֲרַפְתּוֹ; וְכֹל בְּכוֹר אָדָם בְּבָנֶיךָ, תִּפְדֶּה
וְכָל-פֶּטֶר חֲמֹר תִּפְדֶּה בְשֶׂה, וְאִם-לֹא תִפְדֶּה וַעֲרַפְתּוֹ; וְכֹל בְּכוֹר אָדָם בְּבָנֶיךָ, תִּפְדֶּה
Maka haruslah kaupersembahkan bagi Tuhan
segala yang lahir terdahulu dari kandungan; juga setiap kali ada hewan
yang kaupunyai beranak pertama kali, anak jantan yang SULUNG adalah bagi
TUHAN. (Keluaran 13:12)
וַיְהִי בַּחֲצִי הַלַּיְלָה, וַיהוָה הִכָּה כָל-בְּכוֹר בְּאֶרֶץ מִצְרַיִם, מִבְּכֹר פַּרְעֹה הַיֹּשֵׁב עַל-כִּסְאוֹ, עַד בְּכוֹר הַשְּׁבִי אֲשֶׁר בְּבֵית הַבּוֹר; וְכֹל, בְּכוֹר בְּהֵמָה
Maka pada tengah malam Tuhan membunuh tiap-tiap anak SULUNG di tanah Mesir,dari anak SULUNG Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak SULUNG orang tawanan, yang ada dalam liang tutupan, beserta segala anak SULUNG hewan. (Keluaran 12:29)
וְהֶבֶל הֵבִיא גַם-הוּא מִבְּכֹרוֹת צֹאנוֹ, וּמֵחֶלְבֵהֶן; וַיִּשַׁע יְהוָה, אֶל-הֶבֶל וְאֶל-מִנְחָתוֹ.
Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak SULUNG kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, (Kej 4:4)
מְלֵאָתְךָ וְדִמְעֲךָ, לֹא תְאַחֵר; בְּכוֹר בָּנֶיךָ, תִּתֶּן-לִי.
וַיְהִי בַּחֲצִי הַלַּיְלָה, וַיהוָה הִכָּה כָל-בְּכוֹר בְּאֶרֶץ מִצְרַיִם, מִבְּכֹר פַּרְעֹה הַיֹּשֵׁב עַל-כִּסְאוֹ, עַד בְּכוֹר הַשְּׁבִי אֲשֶׁר בְּבֵית הַבּוֹר; וְכֹל, בְּכוֹר בְּהֵמָה
Maka pada tengah malam Tuhan membunuh tiap-tiap anak SULUNG di tanah Mesir,dari anak SULUNG Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak SULUNG orang tawanan, yang ada dalam liang tutupan, beserta segala anak SULUNG hewan. (Keluaran 12:29)
וְהֶבֶל הֵבִיא גַם-הוּא מִבְּכֹרוֹת צֹאנוֹ, וּמֵחֶלְבֵהֶן; וַיִּשַׁע יְהוָה, אֶל-הֶבֶל וְאֶל-מִנְחָתוֹ.
Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak SULUNG kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, (Kej 4:4)
מְלֵאָתְךָ וְדִמְעֲךָ, לֹא תְאַחֵר; בְּכוֹר בָּנֶיךָ, תִּתֶּן-לִי.
Janganlah lalai mempersembahkan hasil
gandummu dan hasil anggurmu. Yang sulung dari anak-anakmu lelaki
haruslah kaupersembahkan kepada-Ku. (Keluaran 22:28)
Dari kisah-kisah tersebut di atas, selalu anak sulung yang dijadikan kurban,
Ismail adalah anak Sulung, sudah tentu Ismail lah yang dipilih untuk
dikurbankan.
3. ABRAHAM TINGGAL BERSAMA ISMAIL BUKAN BERSAMA ISHAQ
Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua
bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham
tinggal di Bersyeba. Kejadian 22:19
Siapa Yang tinggal bersama Abraham di Bersyeba? Hagar dan Anaknya Ismail? Atau Ishak dan ibunya Sara?
Keesokan harinya pagi-pagi, Abraham
memberi kepada Hagar makanan dan sebuah kantong kulit berisi air untuk
bekal di jalan. Ia meletakkan anak itu pada punggung Hagar, dan menyuruh
wanita itu pergi. Lalu berangkatlah Hagar dan mengembara di padang
gurun Bersyeba. Kejadian 21:14
Setelah diusir oleh Sara, maka pergilah
Hagar dan Ismail mengembara dipadang Bersyeba sebagaimana telah
dijelaskan dalam ayat diatas, dan di Bersyeba jugalah Abraham mengadakan
perjanjian dengan Abimelekh dan juga menetap disana, kemudian datanglah
perintah tuhan untuk menyembelih anaknya. Sudah pasti anak yang diambil
untuk dikurbankan itu adalah Ismail, karena yang tinggal di Bersyeba
adalah Ismail dan ibunya, sementara Ishak dan ibunya berada di Hebron
sampai akhir hayatnya.
Sesudah Sara mencapai usia 127 tahun. ia
meninggal di Hebron di tanah Kanaan. Abraham sedih dan meratapi kematian
istrinya itu. Setelah itu Abraham meninggalkan jenazah istrinya dan
pergi kepada orang-orang Het, yang mendiami negeri itu. Ia berkata,”Saya
ini orang asing yang tinggal di tengah-tengah Saudara-saudara;
izinkanlah saya membeli sebidang tanah supaya saya dapat menguburkan
istri saya.” Kejadian 23:1-4
Perhatikan apa yang diucapkan oleh
Abraham “Saya ini orang asing…” Artinya Abraham orang baru didaerah itu
dengan kata lain Abraham tidak tinggal di Hebron, tempat Sara dan
anaknya Ishak, akan tetapi Tinggal di Bersyeba bersama Hagar dan Ismail,
sehingga semakin jelas bahwa yang dikorbankan adalah Ismail Bukan Ishak.
4. UNGKAPAN KESEDIHAN ABRAHAM KEPADA ALLAH
KEJ 7:18
וַיֹּאמֶר אַבְרָהָם, אֶל-הָאֱלֹהִים: לוּ יִשְׁמָעֵאל, יִחְיֶה לְפָנֶיךָ.
18 And Abraham said unto God: 'Oh that Ishmael might live before Thee!'
Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu
Tahukah anda kenapa abraham berkata ""Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu" Jawabannya adalah abraham sudah tau bahwa ia akan kehilangan ismail yakni nyawa ismail akan segera berakhir atau akan segera dikorbankan
4. UNGKAPAN KESEDIHAN ABRAHAM KEPADA ALLAH
KEJ 7:18
וַיֹּאמֶר אַבְרָהָם, אֶל-הָאֱלֹהִים: לוּ יִשְׁמָעֵאל, יִחְיֶה לְפָנֶיךָ.
18 And Abraham said unto God: 'Oh that Ishmael might live before Thee!'
Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu
Tahukah anda kenapa abraham berkata ""Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu" Jawabannya adalah abraham sudah tau bahwa ia akan kehilangan ismail yakni nyawa ismail akan segera berakhir atau akan segera dikorbankan
DEMIKIAN SEMOGA BERMANFAAT, DAN BERITA INI AKAN TERUS DIUPDATE INSHAA ALLAH
http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt0117.htm
http://www.chabad.org/library/bible_cdo/aid/8215
http://www.chabad.org/library/bible_cdo/aid/8215
Comments
Post a Comment