QURBAN MENURUT BIBLE

 YANG QURBANKAN MENURUT KITAB TANAKH YAHUDI SEBENARNYA ISMAIL ATAU ISHAQ?? LANGSUNG SAJA KE POKOK PERMASALAHAN, PERHATIKAN AYAT INI !!!

Firman-Nya: ”Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” Kejadian 22: 2
Manakah yang benar? IIsmail atau Ishak Mari kita analisa bersama.

1. SIAPAKAH ANAK TUNGGAL ABRAHAM?

 GENESIS 22:2
 וַיֹּאמֶר קַח-נָא אֶת-בִּנְךָ אֶת-יְחִידְךָ אֲשֶׁר-אָהַבְתָּ, אֶת-יִצְחָק, וְלֶךְ-לְךָ, אֶל-אֶרֶץ הַמֹּרִיָּה; וְהַעֲלֵהוּ שָׁם, לְעֹלָה, עַל אַחַד הֶהָרִים, אֲשֶׁר אֹמַר אֵלֶיךָ.

And He said: 'Take now thy son, thine only son, whom thou lovest, even Isaac, and get thee into the land of Moriah; and offer him there for a burnt-offering upon one of the mountains which I will tell thee of.'  

Firman-Nya: ”Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak….” Kejadian 22:2
Benarkah anak tunggal itu bernama Ishak?. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan, bahwa anak tunggal itu adalah anak satu satunya, dengan kata lain cuma ada satu anak saat itu; siapakah yang lahir duluan? Ismail dari Hagar atau Ishak yang lahir dari Sara?

 GENESIS 16:16
וְאַבְרָם, בֶּן-שְׁמֹנִים שָׁנָה וְשֵׁשׁ שָׁנִים, בְּלֶדֶת-הָגָר אֶת-יִשְׁמָעֵאל, לְאַבְרָם.  {ס} 
 Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.

GENESIS 21:5
וְאַבְרָהָם, בֶּן-מְאַת שָׁנָה, בְּהִוָּלֶד לוֹ, אֵת יִצְחָק בְּנוֹ. 
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.

Dari kedua ayat ini dapat kita ketahui bahwa Ismail dilahirkan saat Abraham berusia 86 tahun, sedangkan Ishak baru lahir saat Abraham berusia 100 tahun, artinya Ismail 14 tahun lebih dulu lahir ketimbang Ishak. Jadi yang dimaksud dengan anak tunggal dalam ayat itu adalah Ismail bukan Ishak dan sudah bisa ditebak bahwa kalimat “Yakni Ishak” dalam ayat tersebut adalah sisipan tangan tangan jahil karena hal tersebut bertantangan dengan Kejadian 16 : 16 dan Kejadian 21 : 5

Berikut ini adalah 2 (dua) argumen yang seing gunakan umat kristen untuk mengkonter Ayat diatas

1. yang dimaksud anak tunggal itu adalah ishak, karna ia adalah anak yang dijanjikan oleh Allah”
Nah justeru alasan ini  aneh dan tak berdasar, bukankah Bible adalah kitab suci yang berasal dari Tuhan, jika demikian bukankah Tuhan itu ahli bahasa, lantas menapa jika yang maksud adalah anak yang dijanjikan, tetapi Kejadian 22:12 yang disebut anak tunggal? kenapa tidak diganti “anak yang dijanjikan?” apakah tuhan tidak konsekwen?
2. “Yang dimaksud keturunan Abraham adalah ishak bukan ismail sebagaimana bunyi Kejadian 21:12
Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
Kitab Kejadian 21:12 diawali oleh rasa kekhawatiran Sara tentang hak waris, Sara tidak menginginkan Ismail menjadi ahli waris
Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”Kejadian 21:10
Sangat tidak tepat jika menggunakan Kitab kejadian 21:12 sebagai landasan untuk mengatakan bahwa Ismail bukan anak Abaraham, karena bertaburan ayat yang menyatakan bahwa Ismail juga anak Abaraham seperti :
Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael. (Kejadian16:15)
Setelah itu Abraham memanggil Ismael, anaknya, dan semua orang yang lahir di rumahnya, juga semua orang yang dibelinya dengan uang, yakni setiap laki-laki dari isi rumahnya, lalu ia mengerat kulit khatan mereka pada hari itu juga, seperti yang telah difirmankan Allah kepadanya. Abraham berumur sembilan puluh sembilan tahun ketika dikerat kulit khatannya. Dan Ismael, anaknya, berumur tiga belas tahun ketika dikerat kulit khatannya. Pada hari itu juga Abraham dan Ismael, anaknya, disunat. (Kejadian 17 :23-27)
Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael, menguburkan dia dalam gua Makhpela, di padang Efron bin Zohar, orang Het itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre, (Kejadian 25:9)
Hak Ismail Dua Kali Lipat Dari Ishak
Tindakan Sara mengusir Ismail dan Ibunya Hagar demi harta waris sangatlah tidak tepat, karna menurut Taurat sesungguhnya Ismail juga berhak menerima harta waris bahkan dua kali lipat dari Ishak, sebagaimana bunyi Ulangan 21: 15-17

כִּי-תִהְיֶיןָ לְאִישׁ שְׁתֵּי נָשִׁים, הָאַחַת אֲהוּבָה וְהָאַחַת שְׂנוּאָה, וְיָלְדוּ-לוֹ בָנִים, הָאֲהוּבָה וְהַשְּׂנוּאָה; וְהָיָה הַבֵּן הַבְּכֹר, לַשְּׂנִיאָה.
"Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,

 וְהָיָה, בְּיוֹם הַנְחִילוֹ אֶת-בָּנָיו, אֵת אֲשֶׁר-יִהְיֶה, לוֹ--לֹא יוּכַל, לְבַכֵּר אֶת-בֶּן-הָאֲהוּבָה, עַל-פְּנֵי בֶן-הַשְּׂנוּאָה, הַבְּכֹר
maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung.

כִּי אֶת-הַבְּכֹר בֶּן-הַשְּׂנוּאָה יַכִּיר, לָתֶת לוֹ פִּי שְׁנַיִם, בְּכֹל אֲשֶׁר-יִמָּצֵא, לוֹ:  כִּי-הוּא רֵאשִׁית אֹנוֹ, לוֹ מִשְׁפַּט הַבְּכֹרָה.
 Tetapi ia harus mengakui anak yang sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, dengan memberikan kepadanya dua bagian dari segala kepunyaannya, sebab dialah kegagahannya yang pertama-tama: dialah yang empunya hak kesulungan."
“Misalkan seorang punya dua istri, dan keduanya melahirkan anak laki-laki, tetapi anak yang lahir lebih dahulu bukan anak dari istri kesayangannya. Kalau orang itu mau menentukan bagaimana ia akan membagi kekayaannya kepada anak-anaknya, ia tak boleh memihak pada anak dari istri kesayangannya dengan memberi kepada anak itu bagian yang menjadi hak anak sulung. Ia harus memberi bagian dua kali lipat dari harta bendanya kepada anak laki-laki yang sulung, walaupun anak itu bukan anak dari istri kesayangannya. Hak anak sulung harus diakui oleh ayahnya, dan kepada anak itu harus diberi warisan yang menjadi haknya menurut hukum.“Ulangan 21: 15-17

2. ANAK SULUNGLAH YANG HARUS DI JADIKAN QORBAN
Disetiap ada perintah untuk berkurban, maka yang harus dipilih adalah anak yang sulung atau anak yang terlahir lebih dahulu, sebagaimana dapat kita temui dalam beberapa kisah dibawah ini berdasar kitab tanakh:

וְכָל-פֶּטֶר חֲמֹר תִּפְדֶּה בְשֶׂה, וְאִם-לֹא תִפְדֶּה וַעֲרַפְתּוֹ; וְכֹל בְּכוֹר אָדָם בְּבָנֶיךָ, תִּפְדֶּה
Maka haruslah kaupersembahkan bagi Tuhan segala yang lahir terdahulu dari kandungan; juga setiap kali ada hewan yang kaupunyai beranak pertama kali, anak jantan yang SULUNG adalah bagi TUHAN. (Keluaran 13:12)

וַיְהִי בַּחֲצִי הַלַּיְלָה, וַיהוָה הִכָּה כָל-בְּכוֹר בְּאֶרֶץ מִצְרַיִם, מִבְּכֹר פַּרְעֹה הַיֹּשֵׁב עַל-כִּסְאוֹ, עַד בְּכוֹר הַשְּׁבִי אֲשֶׁר בְּבֵית הַבּוֹר; וְכֹל, בְּכוֹר בְּהֵמָה
Maka pada tengah malam Tuhan membunuh tiap-tiap anak SULUNG di tanah Mesir,dari anak SULUNG Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak SULUNG  orang tawanan, yang ada dalam liang tutupan, beserta segala anak SULUNG  hewan. (Keluaran 12:29)

וְהֶבֶל הֵבִיא גַם-הוּא מִבְּכֹרוֹת צֹאנוֹ, וּמֵחֶלְבֵהֶן; וַיִּשַׁע יְהוָה, אֶל-הֶבֶל וְאֶל-מִנְחָתוֹ.
Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak SULUNG kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, (Kej 4:4)

 מְלֵאָתְךָ וְדִמְעֲךָ, לֹא תְאַחֵר; בְּכוֹר בָּנֶיךָ, תִּתֶּן-לִי. 
Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu. Yang sulung dari anak-anakmu lelaki haruslah kaupersembahkan kepada-Ku. (Keluaran 22:28)
Dari kisah-kisah tersebut di atas, selalu anak sulung yang dijadikan kurban, Ismail adalah anak Sulung, sudah tentu Ismail lah yang dipilih untuk dikurbankan.
3. ABRAHAM TINGGAL BERSAMA ISMAIL BUKAN BERSAMA ISHAQ
Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba. Kejadian 22:19
Siapa Yang tinggal bersama Abraham di Bersyeba? Hagar dan Anaknya Ismail? Atau Ishak dan ibunya Sara?
Keesokan harinya pagi-pagi, Abraham memberi kepada Hagar makanan dan sebuah kantong kulit berisi air untuk bekal di jalan. Ia meletakkan anak itu pada punggung Hagar, dan menyuruh wanita itu pergi. Lalu berangkatlah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba. Kejadian 21:14
Setelah diusir oleh Sara, maka pergilah Hagar dan Ismail mengembara dipadang Bersyeba sebagaimana telah dijelaskan dalam ayat diatas, dan di Bersyeba jugalah Abraham mengadakan perjanjian dengan Abimelekh dan juga menetap disana, kemudian datanglah perintah tuhan untuk menyembelih anaknya. Sudah pasti anak yang diambil untuk dikurbankan itu adalah Ismail, karena yang tinggal di Bersyeba adalah Ismail dan ibunya, sementara Ishak dan ibunya berada di Hebron sampai akhir hayatnya.
Sesudah Sara mencapai usia 127 tahun. ia meninggal di Hebron di tanah Kanaan. Abraham sedih dan meratapi kematian istrinya itu. Setelah itu Abraham meninggalkan jenazah istrinya dan pergi kepada orang-orang Het, yang mendiami negeri itu. Ia berkata,”Saya ini orang asing yang tinggal di tengah-tengah Saudara-saudara; izinkanlah saya membeli sebidang tanah supaya saya dapat menguburkan istri saya.” Kejadian 23:1-4
Perhatikan apa yang diucapkan oleh Abraham “Saya ini orang asing…” Artinya Abraham orang baru didaerah itu dengan kata lain Abraham tidak tinggal di Hebron, tempat Sara dan anaknya Ishak, akan tetapi Tinggal di Bersyeba bersama Hagar dan Ismail, sehingga semakin jelas bahwa yang dikorbankan adalah Ismail Bukan Ishak.

4. UNGKAPAN KESEDIHAN ABRAHAM KEPADA ALLAH

KEJ 7:18
וַיֹּאמֶר אַבְרָהָם, אֶל-הָאֱלֹהִים:  לוּ יִשְׁמָעֵאל, יִחְיֶה לְפָנֶיךָ.

18 And Abraham said unto God: 'Oh that Ishmael might live before Thee!'
Dan Abraham berkata kepada Allah: "Ah, sekiranya Ismael   diperkenankan hidup di hadapan-Mu
Tahukah anda kenapa abraham berkata ""Ah, sekiranya Ismael   diperkenankan hidup di hadapan-Mu" Jawabannya adalah abraham sudah tau bahwa ia akan kehilangan ismail yakni nyawa ismail akan segera berakhir atau akan segera dikorbankan

 DEMIKIAN SEMOGA BERMANFAAT, DAN BERITA INI AKAN TERUS DIUPDATE INSHAA ALLAH

http://www.mechon-mamre.org/p/pt/pt0117.htm
http://www.chabad.org/library/bible_cdo/aid/8215

Comments

Popular posts from this blog

AYAT-AYAT PALSU ALKITAB YANG TERUNGKAP

SURGA MILIK KRISTEN MENURUT ALKITAB

AYAT - AYAT PALSU KITAB YOHANNES